UPNVY Bersama PLN Jajaki Kerjasama Geothermal di Selandia Baru

  • Jumat 12 Oktober 2018 , 12:00
  • Oleh : Ritta Humas
  • 1849
  • 2 Menit membaca
UPN VETERAN Yogyakarta
 

SLEMAN – UPN “Veteran” Yogyakarta (UPNVY) bersama Institut Teknologi Bandung (ITB) digandeng PT PLN (Persero) dalam program peningkatan pengetahuan dan keahlian dalam proses pemanfaatan panas bumi. Kedua universitas dipercaya untuk menyelenggarakan program beasiswa dan pendidikan lanjutan untuk para pegawai PT PLN (Persero).

Bersama PT PLN (Persero), UPNVY dan ITB melakukan kunjungan kerja untuk melakukan studi banding dan kerjasama dengan perusahaan energi dan universitas di Selandia Baru, 6-13 Oktober 2018.

Ir. Herianto, PhD, Ketua Jurusan Teknik Perminyakan UPNVY salah satu delegasi melaporkan kunjungan kerja ke Selandia Baru merupakan inisiasi PT PLN (Persero) dalam pengelolaan energi panas bumi.

“Indonesia memiliki potensi panas bumi yang besar namun belum diolah maksimal, sedangkan Selandia Baru memiliki pengalaman.“ kata Herianto saat dihubungi melalui pesan singkat, Kamis (11/10/2018).

Kunjungan kerja diawali dengan pertemuan di Auckland University. Di universitas ini ketiga intitusi melakukan pembicaraan untuk membahas kerjasama terkait kolaborasi penelitian atau kemungkinan gelar ganda, untuk bidang studi sistem daya/smartgrid.

“Pembicaraan kerjasama dengan Auckland University sudah kami lakukan via email sebelum ke New Zealand. kami sudah menyiapkan dokumen kerjasama,” kata Herianto.

Selain, dengan Aucland Uniersity, ketiga institusi juga menjajaki kerjasama dengan Geothermal Institute untuk melakukan penelitian bersama gelar ganda di bidang studi Panas Bumi, terutama berfokus pada eksploitasi dan pengelolaan waduk.

“Kami juga berkunjung ke Universitas Canterbury membahas kerjasama tentang energi terbarukan dan civil earthquake untuk program Magister Energi dan Magister Management Bencana,” ujar Herianto.

Pada kesempatan ini Herianto juga menjajaki kerjasama dengan perusahaan geothermal di Waerake untuk melaksanakan program pemagangan bagi mahasiswa Magister Teknik Perminyakan.

Para delegasi juga melakukan kunjungan ke Kedutaan Besar Indonesia untuk Selandia Baru, Samoa, dan Kerajaan Tonga yang diterima oleh Duta Besar Tantowi Yahya.

Para delegasi yang hadir dalam kunjungan tersebut yaitu, delegasi PLN yang terdiri dari Direktur Pengelolaan Sumber Daya Manusia Muhamad Ali bersama dengan Komisaris Darmono dan Budiman, Kepala Divisi Bakat Karyawan Aji, Kepala Kelompok Penelitian Teknik Tenaga Listrik, Suwarno Harjo, Dekan Fakultas Tambang dan Petroleum Engineering Sri Widyantoro, dan Kepala JurusanTeknik Perminyakan Herianto diterima oleh Duta Besar Indonesia untuk Selandia Baru, Samoa, dan Kerajaan Tonga, Tantowi Yahya. (wwj/humas)