Dosen Fakultas Pertanian UPNVY, Ciptakan Inovasi Buah Melon Baru.

  • Senin 03 April 2023 , 09:57
  • Oleh : Dewi
  • 2229
  • 4 Menit membaca
UPN VETERAN Yogyakarta

YOGYAKARTA - Dosen Fakultas Pertanian UPN "Veteran' Yogyakarta (UPNVY), Dr. Bambang Supriyanta, SP., MP bersama dengan Tim Pemulia Prodi Agroteknologi, Fakultas Pertanian UPN “Veteran” Yogyakarta membuat inovasi menciptakan  buah melon dengan penampilan yang menarik. Melon ini mempunyai warna dasar kuning  dengan corak hitam yang merupakan kombinasi warna kulit buah yang unik dan menarik.  Ada dua inovasi buah melon yang dihasilkan, pertama buah melon daging buah berwarna putih yang mempunyai keunggulan produksi tinggi, tekstur kranci dengan kemanisan sedang,   sehingga  ramah bagi penderita diabetes dan kedua melon dengan  warna daging buah gradasi putih kuning, tekstur lembut dan mempunyai tingkat kemanisan yang tinggi. Kedua melon ini dibudidayakan secara Hidroponik dengan sentuhan teknologi pertanian cerdas (smart farming).

Rektor UPNVY, Prof. Dr. Mohamad Irhas Effendi, M.Si menyampaikan apresiasi atas inovasi yang dibuat oleh Fakultas Pertanian UPNVY. Dia berharap produk inovasi buah melon yang akan didaftarkan patennya ini bisa dihilirkan dan dikomersilkan. Ada dua hal yang perlu dilakukan untuk mendorong hilirisasi ini. Pertama membuat bisnis analisis dan feasibility study. Sehingga buah melon hasil inovasi ini bisa layak dikomersilkan.

"Kami ucapkan selamat dan mudah-mudahan bisa berjalan lancar. Sebagai perguruan tinggi apalagi sekarang sudah Badan Layanan Umum (BLU) harus selalu melakukan diversifikasi. Diharapkan bisa ke diversifikasi sumber pendapatan," paparnya dalam acara Green House Product di Kebun Percobaan UPN Wedomartani, Jumat (31/3/2023).

Perguruan tinggi tidak hanya melaksanakan kegiatan pendidikan dan pembelajaran kepada mahasiswa, namun juga melakukan riset dan pengabdian kepada masyarakat. Dari sisi pendapatan juga harus jeli melihat peluang. Meski berpotensi untuk dikomersilkan, dia mengingatkan industri pertanian sangat labil, harus ada penyesuaian produksi dan pasar.

Biasanya jika produksi bagus banyak yang ingin masuk ke sektor tersebut, sehingga menyebabkan produksi yang tidak seimbang dengan permintaan pasar. Sehingga harga akan anjlok di pasaran.

"Oleh karena itu diperlukan inovasi sehingga ditemukan keunggulan-keunggulan. Terima kasih kepada Fakultas Pertanian, para dosen dan lainnya. Maju terus. Harapannya ke depan bisa menjadi pusat unggulan Iptek bidang pertanian," harapnya.

Wakil Dekan Bidang Akademik Fakultas Pertanian UPNVY, Dr. Antik Suprihanti, S.P., M.Si mengatakan Fakultas Pertanian  menyambut baik dengan temuan varietas baru ini. Ia berharap semoga  kedepan Inovasi di bidang pertanian yang dikembangkan khususnya oleh dosen-dosen di FP terus bertambah. FP UPNVY  terus melakukan inovasi-inovasi di bidang pertanian terus menerus menghasilkan komoditi yang dibutuhkan masyarakat dan memiliki nilai ekonomi tinggi sehingga akan meningkatkan pendapatan petani. Potensi sangat besar karena Melon ini memiliki produktivitas tinggi di dukung peluang pasar melon sangat besar baik bagi pasar dalam maupun luar negeri.

“ Saat ini permintaan Melon terus meningkat seiring pertumbuhan penduduk dan meningkatnya konsumsi buah. Produksi yang tidak stabil mengakibatkan harga Melon terus mengalami fluktuasi,” terang Wakil Dekan Bidang Akademik Fakultas Pertanian.

Wakil Dekan Bidang Akademik Fakultas Pertanian  menambahkan Melon yang dihasilkan ini  tidak terlalu manis, namun rasanya segar, sehingga cocok dikonsumsi oleh penderita diabetes.

Dia menjelaskan varietas ini menjadi yang pertama dan akan dipatenkan dan kedepan akan dikembangkan oleh Fakultas Pertanian UPNVY dan bougenville. Selain itu riset lain terkait biofuel, dan energi alternatif, biofarmaka, serta pengembangan UMKM.

Melon yang dihasilkan berukuran lebih kecil dari melon umum nya namun isinya lebih padat. Melon yang berukuran tidak terlalu besar sangat pas untuk dikonsumsi keluarga kecil sehingga langsung habis dan tidak perlu disimpan.

"Beda dengan yang lain. Dunia melon terus berkembang dari sisi kesegaran dan rasa. Harga yang ditawarkan juga terjangkau"

Peneliti Melon, Dr. Bambang Supriyanta, S.P., M.P. yang sekaligus kepala Kebun Praktek FP UPNVY menyampaikan bahwa  inovasi khusus melon di Fak Pertanian ini telah dimulai sejak tiga tahun lalu dengan bantuan dana penelitian klaster dari Lembaga penelitan dan Pengembangan Masyarakat (LPPM) UPNVY. Kegiatan pemuliaan diawali melalui pemilihan tetua, persilangan antar varietas melon premium, dan  dilanjutkan dengan metode seleksi pedigre sampai beberapa generasi hingga stabil. Saat ini dihasilkan dua jenis melon dengan kelebihan masing-masing. Diharapkan kedua jenis melon ini bisa dikembangkan lebih lanjut  dan diterima oleh pasar.