Sebelas Tim Wirausaha UPN Veteran Yogyakarta Raih Pendanaan Program P2MW 2023

  • Selasa 27 Juni 2023 , 03:18
  • Oleh : Dewi
  • 1882
  • 2 Menit membaca
UPN VETERAN Yogyakarta

YOGYAKARTA -- Sebelas tim wirausaha dari UPN 'Veteran' Yogyakarta (UPNV YK) berhasil meraih pendanaan Program Pembinaan Mahasiswa Wirausaha (P2MW) 2023 yang digelar oleh Kemendikbud Ristek melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti).

Kepala  Unit Pelaksana Terpadu (UPT) Pengembangan Karir dan Kewirausahaan (PKK) UPNV YK, Danang Yudiantoro, SE, M.Si menyampaikan jumlah proposal yang mendapatkan pendanaan tahun ini meningkat hingga 100%. Capaian ini menunjukkan terjadi peningkatan gairah mahasiswa untuk berkompetisi wirausaha.

"Alhamdulillah UPNV YK ada 11 tim yang berhasil lolos. Gairah mahasiswa UPNV YK untuk berwirausaha meningkat," ucapnya, Senin (26/6/2023).

Dia menjelaskan melalui dana pengembangan ini, mahasiswa juga akan mendapatkan pelatihan usaha. Sehingga wirausaha yang dirintis mahasiswa ini bisa berkembang ke depannya.

"Kami berharap ke depan akan semakin banyak mahasiswa UPNV YK yang tertarik berwirausaha dan menyeriusinya. Selamat kepada kelompok yang usahanya berhasil mendapatkan pendanaan dan pelatihan," paparnya.

Menurutnya pihak kampus akan senantiasa memberikan dukungan bagi wirausahawan muda UPNV YK, baik yang sudah terbangun maupun yang masih dirintis. Sehingga akan semakin banyak wirausaha UPNV YK yang bisa meraih program pendanaan ini.

Jiwa kewirausahaan penting bagi mahasiswa, agar setelah lulus mereka tidak tergagap-gagap menghadapi tantangan baru. Di dalam berwirausaha banyak hal yang bisa dipelajari, mulai dari merintis, jatuh bangun, dan tidak mudah menyerah.

"Melalui bantuan pendanaan ini mahasiswa akan dibimbing dalam mengimplementasikan usahanya, setelah berjalan beberapa bulan akan dilakukan evaluasi. Sehingga apa saja yang kurang bisa dipetakan dan diperbaiki," lanjutnya.

Sebelas nama usaha dari UPNV YK yang mendapatkan pendanaan di antaranya:

  1. BASKARA Inovasi Pakaian Kekinian Sebagai Sarana Kreatif Melestarikan Budaya dan Kekayaan Indonesia (Kategori Industri

Kreatif, Seni, Budaya, dan Pariwisata)

  1. Biskendul Biskuit Kulit Keong Mantap Betul Sebagai Upaya Pencegahan Osteoporosis pada Remaja (Kategori Makanan dan Minuman)
  2. Clucktopia Peternakan Ayam Petelur Berkualitas dengan Standar Kesejahteraan Hewan yang Baik (Kategori Budidaya)
  3. Expert Us (Kategori Jasa dan Perdagangan)
  4. Graha Cita (Kategori Bisnis Digital)
  5. Hanenda idn Kolaborasi Pakaian dan Budaya Nusantara (Kategori Industri Kreatif, Seni, Budaya, dan Pariwisata)
  6. Harumangi (Kategori Jasa dan Perdagangan)
  7. KembangIn Mini Terrarium Bring a Little Nature Inside (Kategori Budidaya)
  8. Megapuff (Kategori Makanan dan Minuman)
  9. Niskalamerta Runtuhnya Kerajaan Cinta Rahwana (Kategori Industri Kreatif, Seni, Budaya, dan Pariwisata)
  10. STUDENTIC (Kategori Jasa dan Perdagangan)