PELANTIKAN OK DAN UKM UPNVY

  • Jumat 10 Maret 2017 , 12:00
  • Oleh : Dewi
  • 2171
  • 5 Menit membaca
UPN VETERAN Yogyakarta

SAMBUTAN REKTOR PADA ACARA PELANTIKAN  ORGANISASI KEMAHASISWAAN DAN UNIT KEGIATAN MAHASISWA PERIODE TAHUN 2017

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Salam sejahtera bagi kita semua dan selamat siang

Yang kami hormati :

  • Para Wakil Rektor
  • Para Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Kerja Sama (Pendamping BEM Fakultas)
  • Para Kepala Biro
  • Para Ketua Jurusan /Pendamping HMJ
  • Para Pendamping OK/UKM
  • Kabag Kemahasiswaan
  • Para mahasiswa yang saya banggakan

Marilah kita selalu panjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT, yang telah melimpahkan kenikmatan, berupa kesehatan, keselamatan pada kita semua, sehinga pada hari ini kita bersama-sama bisa hadir dalam acara Pelantikan Organisasi Kemahasiswaan (OK) dan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Periode Tahun 2017.

Bapak, Ibu dan hadirin, pengurus OK/UKM yang saya banggakan.

Pergantian pengurus Organisasi Kemahasiswaan (OK) dan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM)   seperti halnya saat ini merupakan suatu peristiwa yang senantiasa terjadi sebagai bagian dari dinamika organisasi.  Oleh karena itu, pada kesempatan yang baik ini saya ingin mengucapkan selamat kepada pengurus baru yang baru saja dilantik. Marilah dengan semangat kebersamaan, saling mendukung dan bekerja sama dengan semua unsur di UPN ”Veteran” Yogyakarta demi keberhasilan visi misi yang telah diamanahkan kepada kita untuk mencapai  kemajuan UPN ”Veteran” Yogyakarta.

       

        Pada dasarnya  Organisasi kemahasiswaan merupakan wadah dari berbagai kegiatan yang berorientasi pada peningkatan prestasi, softskill dan entrepreneurship. Secara melembaga mereka harus tertib dan taat hukum, bertanggungjawab, demokratis, akuntabel serta transparan. Organisasi-organisasi tersebut didampingi oleh staf pengajar yang berfungsi sebagai pemberdaya, fasilitator, dan motivator. serta mediator antara mahasiswa dengan pimpinan lembaga, khususnya membantu dalam penyediaan sarana dan prasarana sesuai kemampuan perguruan tinggi termasuk sistem informasi yang diperlukan untuk kegiatan kemahasiswaan.

Pada beberapa waktu terakhir ini kita sering mendengar berita di media cetak maupun elektronik tentang berbagai tindak kekerasan yang terjadi di kalangan mahasiswa. Hal ini tentu saja bertentangan dengan tata nilai, visi misi tujuan dari pendidikan tinggi, dan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Tindak Kekerasan di Lingkungan Satuan Pendidikan dapat meliputi kekerasan fisik, psikis, seksual, dalam jaringan sosial (daring), atau melalui buku ajar yang mencerminkan tindakan agresif yang mengakibatkan ketakutan, trauma, kerusakan barang, luka/cedera, cacat, dan bahkan kematian. UPN “Veteran” Yogyakarta sebagai perguruan tinggi yang mewarisi nilai-nilai kejuangan dan bela Negara tentunya tidak dapat memberikan tolerasi kepada perilaku semacam ini. Oleh karena itu perlu dilakukan pencegahan dan penanggulangan secara terintegrasi oleh semua komponen PT termasuk para mahasiswa, khususnya pengurus OK dan UKM. Pencegahan dan penanggulangan tindak kekerasan dimaksudkan untuk menciptakan kondisi proses pembelajaran yang aman, nyaman, dan menyenangkan;  terhindarnya semua warga kampus dari unsur-unsur atau tindakan kekerasan; menumbuhkan kehidupan pergaulan yang harmonis dan kebersamaan antar peserta didik atau antara peserta didik dengan pendidik, tenaga kependidikan, orangtua serta masyarakat baik dalam satu satuan pendidikan maupun antar satuan pendidikan.

Dalam kesempatan ini perlu disampaikan kepada saudara-saudara yang baru saja dilantik sebagai pimpinan dan pengurus organisasi kemahasiswaan, bahwa  Peraturan Rektor Nomor 2/UN62 2017 tentang Organisasi dan Tata Laksana Kemahasiswaan UPN “Veteran” Yogyakarta, serta Peraturan Rektor Nomor 1/UN62/2017 tentang Kode Etik Mahasiswa UPN “Veteran” Yogyakarta telah ditetapkan. Saya berharap kedua peraturan tersebut dapat dijadikan acuan dan pedoman dalam setiap penyelenggaraan kegiatan yang akan saudara-saudara laksanakan. Saudara-saudara sebagai pimpinan organisasi harus dapat memberikan suritauladan bagi mahasiswa lainnya untuk selalu mentaati/mematuhi hukum. Jika tidak, niscaya Universitas akan memberikan sanksi sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Bapak/Ibu, saudara, dan mahasiswa skalian

Sejak UPN “Veteran” Yogyakarta ditetapkan sebagai PTN, 6 Oktober 2014 yang lalu, berbagai peningkatan prestasi telah diraih, antara lain peringkat PT yang semula di bawah 1000 menjadi peringkat 80. Jumlah animo calon mahasiswa meningkat 3 hingga 4 kali lipat dari pada ketika kita masih PTS. Nilai rata-rata calon mahasiswa yang diterima di UPN melalui SBMPTN menduduki peringkat ke 10 (IPA) dan ke-8 (IPS) dari seluruh PT peserta SBMPTN di Indonesia. Peringkat kinerja penelitian juga naik dari predikat sebagai PT Utama menjadi PT mandiri. Ini merupakan klaster tertinggi di bidang penelitian versi Kemristekdikti. Di Indonesia hanya 29 PT yang berada pada posisi ini. Raihan-raihan tersebut hendaknya dapat kita jaga dan tingkatkan bersama melalui berbagai kegiatan, termasuk kegiatan kemahasiswaan. Janganlah prestasi-prestasi tersebut dinodai bahkan dihancurkan oleh kelalaian dan kegiatan-kegiatan konyol yang melanggar kode etik kemahasiswaan.

Di sisi lain, ketika dialihstatuskan menjadi PTN kita juga mengemban amanah sebagai universitas Bela Negara. Maka sayapun berharap semua OK/UKM yang ada di UPN “Veteran” dapat mencerminkan  sikap dan perilaku yang dilandasi oleh kecintaan kepada tanah air, kesadaran berbangsa dan bernegara serta berkeyakinan akan pancasila sebagai ideologi negara guna menghadapi berbagai ancaman baik dari luar maupun dalam negeri. Perlu disadari bersama bahwa ancaman yang paling mengkhawatirkan pada saat ini justru ancaman nir militer, seperti terorisme, radikalisme, narkoba, dan cyber crime (kejahatan medsos). Sebagai insan akademisi, marilah ancaman-ancaman tersebut kita waspadai dan perangi bersama, guna mewujudkan atmosfer pendidikan tinggi yang kondusif dan UPN “Veteran” Yogyakarta yang sesuai dengan visi-misinya.

Bapak/Ibu, dan mahasiswa yang saya banggakan

Akhirnya sekali lagi saya mengucapkan selamat kepada para pengurus baru, dan selamat bekerja semoga Allah SWT meridhoi langkah kita dalam mengemban amanah di lembaga yang kita cintai ini 

Sekian

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.