Pentingnya Personal Branding Bagi Mahasiswa

  • Selasa 29 Oktober 2013 , 12:00 AM
  • Oleh : Dewi
  • 1988
UPN VETERAN Yogyakarta

Banyak mahasiswa  saat ini  yang tidak memahami  pentingnya personal branding. Hal tersebut diungkapkan  oleh Ibu Nia Suniasih ( Web & Online Manager Martha Tilaar Group) dalam sela-sela  career and personal workshop seminar kiat  menyikapi perjanjian kerja dan teknik wawancara di UPN “veteran” Yogyakarta di ruang Nyi Ageng Serang  Kamis ( 10/10/2013). Acara seminar tersebut menghadirkan pembicara  Nia Suniasih dan Rika Tanujaya  (brand Manager Caring Colours)

Seminar tersebut bertujuan untuk  memberikan pemahaman dan pengetahuan  kepada para mahasiswa bagaimana mereka harus mencermati  dan mensikapi perjanjian kerja, agar nantinya tidak merugikan. Juga memberikan pengetahuan tentang bagaimana  harus berpenampilan, bersikap dan memberikan jawaban pada saat menghadapi test wawancara.              

Menurut  Bu Nia Suniasih, personal branding dalam diri para mahasiswa  belum berkembang. Padahal personal branding sangat dibutuhkan di dalam mencari pekerjaan. Ia menjelaskan personal branding memiliki   fungsi  untuk menunjukkan jati diri, ciri khas untuk dikenal oleh orang lain. “ Mereka (mahasiswa) nggak tahu kalau personal branding harus dibangun sejak awal, tak bisa dibuat begitu saja” ungkapnya.

Beliau mengungkapkan bahwa masih sedikit  mahasiswa yang membekali diri dengan  personal branding  ketika menghadapi dunia kerja. Padahal personal branding bisa disiapkan jauh-jauh hari. Bahkan ketika baru masuk  kuliah atau masih bersatatus mahasiswa baru.

“ Banyak mahasiswa yang masih kebingungan apa  itu personal branding dan merasa belum butuh. Padahal  personal branding sangat penting terutama dalam dunia kerja nanti. Dari situ perusahaan bisa tahu, siapa kita yang sebenarnya. Sehingga kita memiliki  nilai lebih dan perusahaan pasti terbuka lebar menerima kita untuk bekerja disana”. Jelasnya.

Menurut Divisi  penempatan kerja job career center UPN, Samiyo Utomo  pentingnya mahasiswa  calon wisudawan memahami  persiapan  dalam  melamar pekerjaan. Termasuk membangun persdonil branding.

Previous Next