UPT PKK UPN VETERAN YOGYAKARTA BERKOLABORASI DENGAN BANK SYARIAH INDONESIA GELAR SOSIALISASI PERBANKAN

  • 01 June 2021 , 10:52 AM
  • Oleh : Dewi Sukarelawati
  • 87
UPN VETERAN Yogyakarta

Sleman_UPT Pengembangan Karir dan Kewirausahaan (UPT PKK) UPN “Veteran” Yogyakarta  (UPNVY) bekerjasama dengan Bank Syariah Indonesia (BSI) menggelar sosialisasi  dengan tema “Perbankan dan Tips Melamar Perkerjaan”. Kegiatan ini digelar secara luring di ruang seminar Akuntasi, Selasa 1 Juni 2021 pukul 08.00 – 11.30 WIB.  Program kegiatan ini dihadiri oleh 73  peserta magang di Bank Syariah Indonesia. Tujuan dari kegiatan ini yaitu memberikan edukasi kepada mahasiswa UPN “Veteran” Yogyakarta agar terbangun pemahaman mengenai kemanfaatan produk dan jasa perbankan syariah.

Dalam sambutannya Danang Yudiantoro, SE, M.Si selaku Kepala UPT Pengembangan Karir dan Kewirausahaan UPN “Veteran” Yogyakarta mengapresiasi dan mendukung sosialisasi yang digelar oleh Bank Syariah Indonesia.

“Semoga  sosialisasi ini dapat memberikan manfaat untuk mahasiswa UPN “Veteran” Yogyakarta mengenai dunia perbankan,”

Mohammad Faizun selaku Manajer Area Yogyakarta Bank Syariah Indonesia menjelaskan mengenai produk serta layanan perbankan syariah khusunya pembiayaan kunsumer. Fungsi Bank yaitu Funding, Bank dan Financing.  Fungsi  bank sebagai Funding yaitu menghimpun dana dari masyarakat. Kegiatan ini dilakukan dengan membuka berbagai produk tabungan, deposito, giro, atau bentuk simpanan lainnya.  Fungsi Bank menyediakan layanan jasa bank, seperti transfer untuk memudahkan pengiriman uang ,jasa pembayaran atau pembelian Misalnya pembayaran rekening listrik atau telepon. Financing  Bank akan menyalurkan dana kepada pihak-pihak yang membutuhkan melalui sistem kredit atau pinjaman. Pembelian surat-surat berharga, penyertaan, dan pemilikan harga tetap juga bisa diberikan bank

Selain itu Faizun juga menyampaikan laporan mengenai keuangan. Laporan keuangan terdiri dari 3 yaitu cash flow, income statement, balance sheet. Laporan keuangan Cash Flow yaitu  laporan keuangan yang berisi pengaruh kas dari kegiatan operasi, kegiatan transaksi investasi, kegiatan transaksi pembiayaan/pendanaan, dan kenaikan atau penurunan bersih dalam kas suatu perusahaan selama periode tertentu. Laporan keuangan Income statement adalah laporan keuangan yang harus dimiliki sebuah perusahaan setelah neraca dan arus kas. Laporan balance yaitu  statement of financial position, melaporkan aktiva, liabilitas dan ekuitas pemegang saham sebuah perusahaan pada tanggal tertentu.

 “Saya berharap acara ini dapat mempererat silaturahmi dan kerjasama  dan memperkenalkan produk dan layanan Bank Syariah Indonesia,”terang Manajer BSI Area Yogyakarta.

Ia juga menyampaikan bahwa sebelum melamar pekerjaan “Kenali dulu bagian  lamaran yang akan  dilamar, cari dulu visi dan misi  perusahaan yang akan Anda lamar”. Jika ingin melamar di Bank sebaiknya pakaian rapi, bersikap ramah dan tentunya memiliki lamaran yang baik.

 

 

 

 

 

 

 

 

Previous Next