12 Proposal Mahasiswa UPNVY Lolos PKM Ristekdikti

  • Kamis 28 Maret 2019 , 12:00
  • Oleh : Ritta Humas
  • 1290
  • 2 Menit membaca
UPN VETERAN Yogyakarta

SLEMAN – Dua belas proposal mahasiswa UPN “Veteran” Yogyakarta (UPNVY) berhasil lolos pendanaan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) tahun anggaran 2019 dari Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti).

Dari hasil evaluasi yang dilaksanakan Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemenristekdikti, kedua belas proposal tersebut berhak mendapatkan pendanaan sebesar Rp 84.975.000.

“Pada tahun ini ada peningkatan dibandingkan tahun lalu. Saya berharap keberhasilan para mahasiswa menjadi motivasi untuk terus berkarya dan berprestasi, mendapatkan kesempatan melalui program yang digulirkan Kemenristekdikti.” Kata Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama, Dr. Singgih Saptono.

Singgih mengatakan pihaknya merasa bersyukur dari ribuan proposal yang ada di seluruh Indonesia, UPNVY dinyatakan lolos untuk didanai. Ini merupakan salah satu motivasi bagi pihaknya untuk terus berupaya dan melakukan pembinaan yang lebih intens agar dapat lolos di PIMNAS.

Kedua belas proposal yang lolos tersebut merupakan penelitian bidang teknologi dan rekayasa, serta bidang sosial humaniora yaitu :

  1. Rekayasa Mesin “Gonjang-Ganjing” Penggoyang Wijen Pada Home Industry Onde-Onde Di Gaduhan Bantul, karya Muhammad Irvan Dwi Putra (Teknik Industri)
  2. Geobuild : Aplikasi Proyeksi Konstruksi Bangunan Dengan Parameter Kebencanaan Geologi, Karya Syaiful Adala (Teknik Informatika)
  3. Jatik Man (Jaket Batik Aman Dan Nyaman), Karya Garin Priambodo (Ekonomi Pembangunan)
  4. " Hi-Sunny" (Hijab Syar'i Wudhu Friendly Dengan Konsep Kekinian Dan Praktis), Karya Retno Hastuti (Sosial Humaniora)
  5. Sekolah Rakyat Serdadu Kumbang Sebagai Wadah Pengembangan Karakter Milenials Di Lingkungan Lokalisasi Pasar Kembang, Karya Aan Munandar (Teknik Geofisika)
  6. Upaya Menghadapi Resiko Tsunami Melalui Geomapping And Public Counseling Di Desa Parangtritis, Karya Sacha Putra Engko (Teknik Geologi)
  7. Analisis Perkuatan Lereng Tanah Dengan Gabion System Sebagai Usaha Preventif Terhadap Longsor, Karya Bagoes Rachmad Raka Swastiko (Teknik Pertambangan)
  8. Analisa Kerentanan Dinding Bendungan Gajah Mungkur Wonogiri Menggunakan Metode Mikroseismik, Karya Rio Adi Pangestu (Teknik Geofisika)
  9. Analisis Penambahan Polietilen Untuk Meningkatkan Kualitas Biobriket Ketapang, Karya Rully Fachrurozi (Teknik Lingkungan)
  10. Potensi Keberadaan Endapan Emas Menggunakan Metode Geomagnetik Dan Induced Polarization, Karya Ulyl Aidi Al-Abshor (Teknik Geofisika)
  11. Identifikasi Zona Rawan Longsor Pada Daerah Rawan Bencana Menggunakan Metode Hagiwara Seismik Refraksi, Karya Virgiawan Arya Hangga Reksa (Teknik Geofisika)
  12. Youthjiwan Penggerak Wisata Budaya Berbasis Ekonomi Kreatif Di Desa Kebondalem Kidul, Prambanan, Karya Pradana Ricardo (Ilmu Hubungan Internasional)

(wwj/humas)